Menulis artikel setiap hari



Pertama saya mau bilang mbaknya cantik,

Kedua saya akan bercerita saat berkeliling di web dan blog para blogger Indonesia. Semua hampir mememiliki kesamaan mengenai saran untuk menjadi blog yang sukses.

Tulisakan 1 artikel setiap hari dan terbitkan.

rahasiannya adalah itu, lantas apakah dengan menerbitkan setiap hari menjamin populernya sebuah blog?

Semua bisa menerbitkan artikel setiap hari, tetapi pertanyaannya bagaimana mendatangkan sesorang ke blog milik kalian?

Hampir seluruh pengunjung datang dari mesin pencari, dan pengalaman saya mereka datang karena informasi yang mereka cari, tanpa terlibat dengan artikel Anda.

Kasus demikian biasanya dialami oleh blog dengan niche pendidikan. Saya ambil satu contoh niche blog saja untuk dijelaskan.

Memiliki blog pendidikan memang tidak perlu banyak sering update artikel karena artikel mereka yang bertipe panjang dan pasti dicari pengunjung.

Tetapi kelemahannya blog anda hanya ramai saat akan ujian atau tugas sekolah/kampus. Pengunjung hanya ramai dibulan itu saja.

kembali ke terlibatan pembaca
Pembaca blog pendidikan hanya membutuhkan artikel lalu copy dan selesai. Hal ini memang memberikan manfaat kepada orang, namun tidak pada blog anda. Keterlibatan seseorang pada blog anda sangat penting.

Alasan keterlibatan pengunjung penting
Blog adalah media bertukar informasi, blog pendidikan adalah blog dengan tipe komunikasi satu arah jarang sekali mereka berkomentar dengan blog pendidikan anda. Fakta di Indonesia seperti itu.


Promosi blog

warung dan toko yang ramai butuh promosi, apalagi blog. 
Pengungunjung tidak mungkin datang dalam setelah anda menerbitkan artikel, kecuali blog anda adalah blog yang sudah terkenal.

Share ke media sosial, boleh kalau artikel anda memang memiliki kualitas. Jika tidak Artikel anda hanya akan melayang-layang di timeline.

Saran coba kirimkan ke teman terdekat keluarga Anda untuk membaca artikel anda, mintalah sebuah review tentang artikel Anda. Layak atau tidak untuk dibagikan.

Cara lain

Kombinasikan blog pendidikan dengan blog personal.
Kemungkinan yang paling besar bila anda malas promosi gunakan artikel pendidikan untuk mempromosikan blog Anda, pancing keterlibatan pembaca dengan artikel yang sesuai umur pengunjung Anda.

Bagaimana apa Anda sudah tahu target pengunjung Anda siapa? Anda bisa manfaatkan webmasters tools  untuk melihat umur pengunjung anda. Syaratnya akun google dan sudah terdaftar analytics .

Kembali lagi ke promosi dengan blog pendidikan
buat artikel yang sekiranya memancing pengunjung untuk klik artikel anda. Bisa dengan gambar, atau dengan penempatan di sisi kanan atau kiri tab anda.

Bagaimana dengan menulis 1 hari 1 artikel?

jawabannya adalah bagus dilakukan jika anda memang seorang fulltime blogger dan sudah memiliki jam terbang tinggi. Jam terbang tinggi bisa dalam blog, menulis, olahraga, seni, desain dll. Jika Anda ahli dalam satu bidang maka jualah informasi atau kemampuan Anda kepada pembaca, ceritakan pengalaman Anda. 
Menulis dengan apa yang anda kuasai adalah tips blogger yang paling masuk akal
Mulailah menulis denan apa yang Anda alamai, pemecahan masalah sekecil apapun itu, tinggalkan jejak waktu Anda dengan menulis.

Jangan terlalu terburu untuk populer jika artikel anda atau post anda tidak layak untuk diterbitkan, buatlah batasan agar kemampuan anda berkembang.

Jangan lupa menerbitkan artikel ringan untuk memberikan istirahat pada otak anda!

salam blogging

Suneo -Nusalog

Postingan terkait:

blogwalking di post saja jangan di komentar, isi saja buku tamu, sambil berbagi isi blog kalian. tinggal klik di bawah ini saja mas-mba, :)